Perkembangan Jalur Kereta Api di Indonesia 1876-1925
Sejak tahun 1876 hingga 1925 telah dibangun jalur rel sebagi berikut
Jalur Pertama 1876
Kemijen - Tanggung 26 km (Semarang)
Tahun 1888
Batavia - Bogor - Sukabumi - Bandung
Batavia - Tanjung Priok dan Batavia - Bekasi
Cilacap - Kutoatjo - Yogya - Solo - Madiun - Sidoarjo - Surabya
Kertosono - Kediri - Blitar
Sidoarjo - Malang dan Bangil - Pasuruan - Probolinggo
Solo - Purwodadi - Semarang dan Semarang - Rembang
Tegal - Balapulang
Tahun 1899
Batavia - Rangkasbitung
Bekasi - Krawang
Cicalengka - Cibatu (Garut) - Tasikmalaya - Maos - Banjarnegara
Cirebon - Semarang dan Semarang - Blora
Yogya - Magelang
Blitar - Malang dan Krian - Surabaya
Sebagian jalur Madura
Tahun 1913
Rangkasbitung - Labuan dan Rangkasbitung - Anyer
Krawang - Cirebon dan Cikampek - Bandung
Pasuruan - Banyuwangi
Seluruh jaringan Madura
Blora - Bojonegoro - Surabaya
Tahun 1925
Sisa jalur Pulau Jawa
Elektrifikasi Jatinegara - Tanjung Priok
Elektrifikasi Batavia - Bogor:
Sumatra Selatan: Panjang - Palembang dan
Sumatera Barat: sekitar Sawahlunto dan Padang
Sumatera Utara: Tanjung Balai - Medan - Pematangsiantar; dan Medan - Belawan - Pangkalansusu.
Sulawesi: Makasar - Takalar dan rencana Makasar - Maros - Sinkang
Sulawesi Utara: rencana Manado - Amurang
Kalimantan: rencana Banjarmasin - Amuntai; dan rencana Pontianak - Sambas
Untuk Kalimantan dan Sulawesi tidak terlaksana karena baru akan dimulai dibangun tahun 1941 dan Perang Dunia II meletus.
Kereta Listrik di Indonesia tahun 1925
Kereta listrik baru dikenal pada tahun 1916 di Amerika Serikat (Milwaukee - Chicago) dan di Indonesia baru dimulai tahun 1921 untuk jalur Batavia - Bogor bahkan sampai Sukabumi.Kemudian direncanakan Jatinegara - Pasar Senen - Tanjung Priok; Tanjung Priok - Kota; Kota - Pasar Senan; dan Kota - Manggarai - Jatinegara. Selanjutnya Manggarai - Bogor.
Berbagai Lokomotif Uap di Indonesia
Di Indonesia pernah ada lokomotif uap dari berbagai jenis, antara lain:
Lokomotif Uap Tahun 1898: Seri B Bristol
Lokomotif Uap Tahun 1905: Seri C Birmingham
Lokomotif Uap Tahun 1920: Seri BB Manchester
Lokomotif Uap Tahun 1930: Seri CC Manchester
Lokomotif Uap Tahun 1954: Seri D54 Krupp Liepzig
Sumber: Wikipedia
0 komentar:
Posting Komentar